RUMAH SAKIT APUNG LIE DHARMAWAN BERHASIL DIEVAKUASI

TERNATE – Rumah Sakit Apung (RSA) Lie Darmawan mengalami mati mesin dan kebocoran kapal di sekitar Perairan Pulau Batang Dua, Maluku Utara, Rabu (19/7/17). RSA Lie Darmawan mengangkut 17 tenaga medis dan 5 orang awak.

Informasi RSA Lie Darmawan ini diterima Basarnas Ternate dari Dir Polair Polda Malut via telepon pada Kamis (20/7) dini hari sekitar pukul 00.30 WITA. Basarnas Kantor SAR Ternate yang berkoordinasi dengan Polair Polda Malut bergerak menuju ke lokasi RSA Lie Darmawan dengan menggunkaan Kapal Basarnas KN SAR 237 Pandudewanata.

Basarnas Ternate menerima e-mail dari Kapal MV.Great Song sekitar pukul 07.32 WITA bahwa mereka berhasil mendekati RSA Lie Dharmawan. Kapal kargo berbendera Hong Kong ini berhasil mengevakuasi 17 tenaga medis. Lima awak kapal tidak bersedia meninggalkan kapal dan memilih untuk menunggu kapal penarik tiba.

KN SAR 237 Pandudewanata berhasil merapat ke MV Great Song sekitar pukul 10.00 WITA dan menransfer 17 tenaga medis  RSA Lie Dharmawan. Basarnas Ternate berkoordinasi dengan LANAL Ternate dan Dit Polair Polda Malut untuk menggerakkan Kapal AL Tidore dan Kapal Gamalama milik Polair Polda Malut dan menarik RSA Lie Dharmawan. Kedua kapal berhasil tiba di koordinat kejadian sekitar pukul 12.20 WITA dan melakukan penarikan, selanjutnya KN SAR 237 Pandudewanata bergerak menuju ke Pelabuhan Ahmad Yani.

Penarikan dilakukan KAL Tidore dan KP Gamalama pukul 13.35 WITA ke pelabuhan Ahmad Yani dengan kecepatan 6 knot.

KN SAR 237 Pandudewanata tiba di Pelabuhan Ahmad Yani pukul 14.00 WITA dan langsung menurunkan ketujuhbelas tenaga medis RSA Lie Dharmawan. Selanjutnya seluruh korban langsung dibawa ke RSUD Chasan Buchori Ternate untuk mendapatkan penanganan kesehatan lebih lanjut.

KAL Tidore dan KP Gamalama yang menarik RSA Lie Dharmawan berhasil tiba di Pelabuhan Perairan Bastiong sekitar pukul 21.40 WITA. Kelima awak kapal dalam kondisi baik dan RSA Lie Dharmawan akan segera diperbaiki.

Operasi terhadap RSA Lie Dharmawan selesai dengan seluruh awak dan tenaga medis selamat. (NA)
Link Terkait
PEJABAT